Rabu, 22 Maret 2017

CIRI DAN KEUNGGULAN AYAM ADUAN PHILIPIN

          Ayam Philipin adalah salah satu ayam aduan yang paling tangguh di dunia sabung ayam. Ia memiliki senjata andalan pada saat bertarung dengan lawannya, yaitu taji ( jalu ). Karena pada waktu bertarung sering sekali memakai tajinya untuk melukai lawan, akhirnya semua orang menyebutnya ayam ini sering sebagai ayam taji. Seperti yang kita tahu, sesuai namanya juga ayam ini berasal dari Negara tetangga kita Filipina. Ia adalah hasil persilangan dari ayam petarung Thailand dengan ayam kampung di Filipina. Setelah melalui proses yang panjang maka lahirlah ayam petarung yang kita kenal sekarang ini sebagai ayam Philipin .

          Sebagai ayam jantan pada umumnya, ayam aduan Philipin ini memiliki ciri yang lazim, seperti jengger merah yang lebar, kaki yang jenjang dengan taji yang tajam dan panjang, serta ekor yang melengkung indah. Ciri khusus atau khas yang dimiliki ayam aduan Thailand adalah perawakannya yang ramping. Selain itu, kepala ayam Philipin agak sedikit lebih kecil ketimbang ayam lain. ini menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya yang ramping. Kaki ayam Philipin terlihat agak lebih pendek dari ayam aduan lain.

Keunggulan ayam Philipin
Dari ciri fisik tersebut menghasilkan gaya bertarung tersendiri bagi ayam Philipin. Beberapa gayanya merupakan keunggulan yang tidak dipunyai ayam lain.

Pertama, Ayam Philipin sangat lincah.
        Dengan ukuran tubuh yang relatif kecil, kelincahan adalah salah satu senjata utama yang dimiliki ayam Philipin . Dengan kelincahannya ayam ini sangat sulit untuk dikalahkan, bahkan oleh ayam yang ukurannya lebih besar. Ayam Philipin sangat pintar menghindar dari pukulan lawan. Berputar-putar sambil menunggu kesempatan menyerang balik.

Kedua, pukulan kuat dan akurat.
         Ayam Philipin  sering mengalahkan lawannya dengan senjata andalan, yaitu taji. Meskipun tubuhnya ramping dan pendek, namun perawakannya kekar. Sehingga pukulannya, terutama dengan taji ( pukul jalu )sangat kuat dan akurat.

Ketiga, mental yang tangguh.
             Dengan tubuhnyai yang kurang ideal, namun kebranian ang pantang mundur ( mental ) yang dimiliki ayam Philipin sangat kuat. Ia tidak pernah takut melawan ayam yang lebih besar posturnya seperti ayam Bangkok maupun Shamo. Ia juga pentang menyerah dan tidak lari dalam pertarungan.

3 komentar: