Senin, 13 Maret 2017

SEJARAH AYAM PETARUNG BRAZILIAN

        Ayam Brasil adalah salah satu ayam petarung yang terkenal dengan perawakannya yang besar dan gagah serta gerakannya yang lincah. Sesuai namanya ayam aduan ini berasal dari negeri sepak bola di Amerika Selatan, yaitu Brazil. Sejatinya Negara Brazil tidak memiliki ayam asli sebagai petarung. Ayam petarung Brasilian yang kita kenal saat ini adalah hasil persilangan berbagai jenis ayam.

     Mencuatnya populitas ayam Shamo dari Jepang di awal abad 20 telah membuat namanya terkenal di seluruh dunia. Tidak berapa lama ayam Shamo Jepang mendarat di Brasil. Orang Brasil sendiri lah yang membawa si Ayam Jepang ke negeri samba. Tujuannya adalah untuk menciptakan hibrida ayam baru yang memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni.

          Ayam asli Brasil adalah yang disebut Spanish game. Ayam ini sebetulnya tidak terlalu tangguh, apalagi jika diadukan melawan ayam-ayam dari Asia. Maka dari itu orang Brasil berinisiatif untuk menyilangkannya. Setelah disilangkan dan melahirkan beberapa keturunan, muncul lah hibrida gen baru yang terkuat lahir. Mereka menamainya Ayam aduan Brasilian. Sejak saat itu ayam Brasil mendominasi di arena-arena sabung ayam yang tersebar di seluruh Brasil. Oleh karena itu banyak orang Brasil yang tertarik untuk memeliharanya.

          Kabar beritanya, pada waktu tahun 1934, saat menghadapi ramainya sabung ayam di Negara Brasil beserta berbagai akibat negatifnya, pemerintah Brasil melalui sang Presiden saat itu melarang pertarungan ayam (cock finghting). Pemerintah Brasil berdalih bahwa sabung ayam adalah salah satu tindakan menyiksa binatang. Hal ini memang tidak seharusnya dilakukan.

        Namun, hal tersebut tidak menyurutkan passion orang Brasil untuk memelihara ayam petarung. Mereka ingin ras ayam dari Negara mereka akan mendominasi dunia di masa mendatang. Usahanya mereka pun tidak percuma. Lambat tahun akhirnya pemerintah pun tidak mampu lagi melarang maupun menahan kelahiran ayam petarung Brasil. Hungga akhirnya sabung ayam mulai menjalar lagi dari yang tadinya sembunyi-sembunyi.

         Mulai akhir abad 20 ayam Brasil mulai dikenal dunia. Hingga saat ini ayam petarung Brasil telah tersebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Nah, itu lah sekelumit sejarah munculnya ayam petarung Brasil atau Brasilian.

2 komentar:

  1. judi bolavita terpercaya Sabung Ayam Online Siaran Langsung Live Streaming
    Raih Jutaan Rupiah Bersama Kami...
    Langsung Saja Kunjungi Kami www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi :
    WA: +628122222995

    BalasHapus