Jumat, 10 Maret 2017

AYAM PETARUNG BALI

                  Beberapa daerah di Indonesia memiliki ayam khas masing-masing. Bali menjadi salah satunya. Di Bali ada ayam Olagan dan ayam betet yang dikenal sebagai ayam petarung. Namun ayam Olagan dinilai lebih unggul dari pada ayam lainnya. Ayam Betet biasanya diadu dengan sesame jenisnya. Jika dihadapkan dengan ayam petarung jenis lain, Bangkok misalnya, ayam Betet tidak akan menang. Biasanya ayam Betet ditarungkan saat ada ritual keagamaan saja. Selebihnya hanya untuk ternak dan peliharaan.

               Ayam Olagan atau ayam Bali dikenal memiliki kemampuan bertarung yang cukup bagus. Meskipun masih tidak sepopuler ayam Bangkok maupun ayam Birma, ayam Olagan ini tidak kalah tangguh. Tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan ayam Bangkok. Oleh karena itu, saat diadu dengan ayam yang lebih besar badannya ayam Olagan sering ngacir atau kabur. Setidaknya menurut pengalaman beberapa orang yang pernah mengadunya.
Beberapa cirri ayam Olagan atau ayam Bali diantaranya:
-          
     Bentuk Tubuh Kecil.

Jika disandingkan dengan ayam Bangkok atau ayam Filipina misalnya, ayam Olagan pasti tampak lebih kecil. Tubuhnya akan tumbuh paling besar hanya seukuran ayam kampung.
-     
     Tidak ada bulu di lehernya

Inilah uniknnya ayam Olagan. Lehernya tidak ada bulunya. Sehingga sangat mudah untuk mengenali ayam Olagan.
- 
       Jengger Kecil

Jangan bayangkan pejantan Olagan akan memiliki jengger merah yang besar seperti ayam petarung lain. Ayam Bali / Olagan memiliki jengger yang ukurannya mini.
- 
        Kaki Halus

Jika biasanya kita melihat ayam petarung memiliki kaki kokoh dengan sisik yang kasar dan kuat, maka kaki ayam Olagan tidak sekasar itu. Meskipun bukan berarti tidak kuat dan kokoh. Keseimbangan dalam bertarung dan pergerakan yang lincah menunjukan ayam Olasan memiliki kekuatan di kakinya.

Nah, itulah beberapa cirri ayam Olasan atau Ayam Bali sebagai salah satu ayam khas Bali yang memiliki jiwa petarung. Sangat khas memang, tidak bisa disamakan dengan ayam petarung lain. Meski begitu, ayam Olasan ini pun memiliki keunggulan, yaitu daya tahan tubuhnya yang baik. Ia tidak mudah terkena ataupun tertular penyakit.

2 komentar: