Jumat, 14 Juli 2017

MANFAAT RUMPUT MENIRAN UNTUK AYAM ADUAN

         Di dunia pengobatan herbal, nama rumput meniran atau daun meniran sangat terkenal karena memiliki kaya manfaat. Meniran sendiri adalah tanaman yang sejenis rumput-rumputan karena ukurannya cukup kecil dan pendek. Hidupnya bergerombol dan sangat banyak. Biasanya tumbuh secara liar di pekaranagan, di hutan, maupun tempat lain yang rindang ditumbuhi pepohonan. Tak ayal bentuknya yang mirip rumput banyak orang menyebutnya rumput Meniran. Sangat mudah menemukan tanaman ini karena daerah tropis seperti Indonesia adalah habitat aslinya di mana tanaman ini bisa tumbuh subur.

             Rumput Meniran memiliki nama latin Phyllanthus urinaria Linn. Ia sudah sejak lama dipercaya mampu mengobati penyakit tertentu dari yang ringan hingga ganas. Yang diambil dan dimanfaatkan untuk obat dari tanaman ini adalah daunnya. Tipe daun rumput meniran adalah daun sirip yang memiliki banyak lembar dengan ukuran kecil-kecil. Orang akan menggunakan daun rumput meniran tersebut untuk mengobati berbagai macam penyakit. Yang paling terkenal dari manfaat rumput Meniran adalah untuk mengobati kencing manis.

       Selain fungsi tersebut, ternyata rumput Meniran juga memiliki manfaat lain, di antaranya adalah: mengobati hepatitis, mengobati radang ginjal, mengobati penyakit ayan, mengobati rematik, rabun senja, bahkan disentri. Daun meniran kaya akan kandungan kimia yang menjadi anti-thesis (obat) dari berbagai macam penyakit. Kandungan kimia itu antara lain nirurin, phyllanthenol, salicylic, dan lain sebagainya.

         Sejauh ini, manfaat rumput Meniran untuk ayam aduan belum banyak diketahui. Bahkan belum ditemukan orang yang menggunakan daun meniran untuk jamu ayam. Padahal dilihat dari kandungan kimia yang dimiliki oleh tanaman ini, juga manfaatnya untuk kesehatan manusia, seharusnya ia juga sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan, dalam hal ini ayam. Bisa saja rumput meniran digunakan sebagai campuran bahan herbal lainnya untuk fungsi tertentu, seperti memperkuat imunitas ayam, menampah stamina dan mempercepat pemulihan fisik setelah bertarung.

         Patut dicoba manfaat dari rumput Meniran ini untuk ayam. Efek samping yang mungkin terjadi sangat kecil kemungkinannya mengingat ia adalah bahan herbal yang pasti rendah efek samping.

2 komentar:

  1. sabung ayam online android & iphone
    Dapatkan Bonus Deposit New Member 10%
    Free Download Aplikasi Di IOS / Android
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    BalasHapus