Selasa, 04 Juli 2017

AYAM BIRMA KRADUNGTON

        Tidak kalah terkenal dari jenis ayam Birma adalah Ayam birma Kradungton. Bagaimana ciri dan gaya bertarungnya, ulasan di bawah ini mungkin akan banyak membantu anda sekalian.

             Setelah ayam Birma Malow dibahas dalam artikel sebelumnya, kali ini adalah giliran Ayam birma Kradungton. Dalam bahasa Birma sendiri, Kradungtong artinya kancing emas. Tidak jelas apa hubungan seekor ayam petarung dengan sebuah kancing emas. Mungkin sama-sama harganya mahal. Pada intinya, ayam Birma jenis ini tak jauh berbeda dengan Birma jenis lain, misalnya Birma Malow atau Birma Gostan.

        Gaya bertarungnya adalah counter attack. Artinya menghindar dan menyerang secepat kilat. Bahasa yang lazim dipakai di dunia ayam aduan adalah defensive aggressive. Dalam pertarungan, Ayam birma Kradungton akan banyak menghindar dari serangan lawan. Tapi sesekali dalam ‘pelariannya’ ia memukul lawan dengan kecepatan kilat. Lawan tidak sempat menghindar. Akan mudah memukul lawan yang tidak siap dari pada lawan sangat siap untuk dipukul. Ini membuat tingkat akurasi pukulan Birma Kradungton hampir sempurna (90%) alias hampir tak pernah meleset.

           Setelah gaya bertarungnya diketahui, yang nyatanya tak jauh berbeda, ciri Ayam birma Kradungton juga perlu anda ketahui. Tulangan Ayam birma Kradungton relatif lebih besar dai Birma asli. Bobot saat dewasa bisa mencapai 3.2 Kg. sedangkan bulunya cukup lebat. Kebanyakan ayam Birma berwarna gelap (kelabu, merah hitam, dan jalak) tak terkecuali Birma Kradungton. Sementara betuk kakinya tetap kecil dan membulat. Sisiknya kering biasanya memiliki warna-warna kusam, seperti cokelat, hijau, dan kekuningan).

            Nah, itulah beberapa ciri dan karakter atau gaya bertarung Ayam birma Kradungton. Beberapa memang sama saja dengan ayam Birma asli ataupun Birma pada umumnya. Ulasan di atas semoga dapat sedikit membantu anda untuk memilih ayam petarung jenis mana yang akan dipilih atau minimal menambah pengetahuan anda mengenai jenis ayam Birma. Selanjutnya masih ada beberapa jenis ayam Birma yang akan diulas, seperti Birma drunken dan Birma Tandam. Jadi jangan lewatkan artikel berikutnya.

2 komentar: