Selasa, 04 Juli 2017

AYAM BIRMA DRUNKEN

         Ayam Birma sudah kita tahu punya banyak jenis dan macamnya. Salah satu yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah ayam Birma Drunken. Dalam bahasa Indonesia, istilah drunken diartikan mabuk. Ya, memang mabuk secara harfiah. Nama tersebut diambil dari tingkah dan gerak ayam Birma ini saat bertarung, seperti sedang mabuk. Gerakannya luwes dan cenderung tidak berarturan sehingga disebut mabuk. Ini berbeda dengan Birma Rambong yang artinya tari. Mungkin kalau diistilahkan dalam jurus di dunia persilatan Birma Rambong pakai jurus pencak sedangkan Birma Drunken menggunakan jurus mabuk.

           Dilihat dari dekat secara sekilas, ayam Birma Drunken tidak jauh beda dengan Birma asli atau original. Akan tetapi tubuhnya terlihat lebih besar daripada Birma asli. Bobot tubuhnya saat dewasa bisa mencapai 3 kilogram. Tak jauh berbeda dengan ayam Birma lain, Birma Drunken memiliki bulu yang lebat. Sementara warna bulunya cenderung gelap, seperi kelabu coklat dan merah hitam. Kalaupun jalak, maka jalaknya adalah jelak gelap atau jalak kusam. Kakinya relatif kecil dan pendek, bentuk membulat. Warna kaki Birma Drunken pun gelap, seperti hitam, cokelat, dan hijau.

        Yang paling terlihat perbedaan ayam Birma Drunken dengan Birma yang lain adalah dari segi gaya bertarungnya. Seperti yang telah disebut di atas, ia seperti orang mabuk. Namun, secara umum gaya bertarungnya adalah defensive aggressive yang intinya bertahan sambil mencari kesempatan untuk menyerang balik secara tiba-tiba. Hanya gerak tubuhnya yang ‘gemulai’ mirip reaksi orang yang di bawah pengaruuh alcohol membuatnya dijuluki ayam Birma Drunken atau mabuk.

        Pukulannya biasa tanpa disertai dengan mematuk. Ayam ini memiliki akurasi pukulan sangat istimewa, yaitu rata-rata 90% akurat. Ia biasanya mengincar bagian kepala lawannya. Dengan begitu lawan akan mudah hilang konsentrasi dan pandangan karena bagian mata sudah terluka.


Nah, demikian ulasan singkat tentang ayam Birma Drunken. Semoga informasi yang saya sampaikan di atas tersebut bisa member manfaat bagi anda yang ingin memiliki dan mungkin sudah memiliki Birma jenis ini.

1 komentar: