Senin, 03 Juli 2017

AYAM BURMA MALOW

          Tiga jenis ayam Birma sudah dibahas dalam artikel sebelumnya. Selanjutnya ada ayam Burma Malow. Ia adalah jenis lain dari ayam Birma selain ketiga ayam tadi yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya. Biasanya ayam Birma Malow ini memiliki tulangan yang lebih besar dari ayam Birma asli pada umumnya. Ini merupakan hasil silangan yang melahirkan jenis baru yang memiliki gaya bertarung baru pula. Untuk lebih jelas simak ulasan di bawah ini dengan santai.

             Malow artinya lari. Jadi ayam Birma Malow bisa diartikan ayam Birma yang hobi lari. Sebenarnya itu bukan hobi, tapi memang karakternya saat bertarung banyak berlari. Tidak jauh berbeda dengan ayam Birma asli atau orisinil. Tapi dalam larinya itu, Birma Malow akan sesekali melancarkan serangan kepada lawannya. Jika memang si ayam memiliki otak dan bertarung dengan strategi, ia bisa dibilang ayam cerdas. Mengapa? Karena menghindar untuk menyerang?

       Counter attack adalah istilah di bidang olahraga. Dimana ketika lawan asyik menyerang, tiba-tiba saat lawan lengah, dengan kecepatan yang tak terduga si ayam menyerang balik. Tentu saja ini sangat sulit untuk dihindari. Lawan yang terlanjur dalam posisi menyerang, akan sangat terbuka untuk diserang. Tak mengherankan jika pukulan ayam Birma Malow ini hampir selalu akurat (mencapai 90% akurasinya), karena lawan memang tak siap untuk mendapat serangan.

           Biasanya pukulan atau patukannya akan terarah pada bagian wajah lawan, bisa mata, jengger, paruh, hingga tenggorokan. Bisa dibayangkan jika ayam matanya sudah kena pukulan, akan sangat sulit untuk bisa memenangkan pertarungan. Cara bertarung seperti ini disukai oleh beberapa pehobi. Namun, tak sedikit pula pecinta ayam aduan lebih suka ayam yang punya gaya full attack atau serangan bertubi-tubi.


         Baiklah, tidak semua ayam memiliki gaya bertarung yang sama. Masing-masing memiliki keistimewaan dan juga kekurangan. Begitu pun dengan ayam Birma Malow. Walaupun perawakan sudah lebih besar dari ayam Birma asli, tapi kelincahannya tidak berkurang sedikitpun. Sebaliknya, dengan ukuran badan lebih besar, kekuatan pukulan pun jadi lebih berisi.

1 komentar: