Jumat, 30 Juni 2017

LINE BREED AYAM ADUAN

          Sebenarnya istilah line breeding tidak hanya dikenal di dunia ayam aduan, akan tetapi juga di dunia peternakan hewan lain, seperti burung dan anjing. Dalam peternakan ayam, dalam hal ini terutama ayam aduan, line breeding sering dilakukan oleh peternak demi mendapat keturunan ayam petarung yang unggul. Sebenarnya Linebreed ayam aduan adalah lanjutan dari sistem ternak sebelumnya, yakni inbreeding.

            Biasanya yang sering dikawinkan dalam sistem pengembangbiakkan ini adalah cucu dengan kakek atau keponakan dengan paman, dst. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menghasilkan anakan atau keturunan yang unggul. Tentu saja untuk mendapatkannya dibutuhkan indukan yang unggul pula, baik itu dari pejantan maupun betinanya. Misalkan pejantan yang memiliki pukulan mematikan keturunannya secara baik diternak melalui cara line breeding, maka hasilnya adalah ayam petarung dengan pukulan kuat bahkan lebih sempurna dari sebelumnya.

           Syarat untuk melakukannya diperlukan juga ayam betina atau babon dengan kualitas unggul. Sebisa mungkin hindari melakukan inbreeding dan line breeding jika tidak memiliki indukan yang berkualitas (keduanya unggul). Jika tidak atau mungkin hanya salah satu saja, maka kemungkinan keturunan yang dihasilkan akan dominan gen yang jelek. Justru gen unggulnya kecil. Bahkan ada kemungkinan untuk mendapat keturunan yang cacat. Hal yang tentunya sangat dihindari.

        Sebenarnya perkawinan saudara yang masih memiliki kesamaan darah sangat tidak dianjurkan karena secara genetis keturunannya kemungkinan tidak sempurna alias cacat. Tapi jika anda ingin bereksperimen, hal ini tentu sah-sah saja. Toh masih ada kemungkinan anda mendapat keturunan super dan bisa menghasilkan keuntungan berlipat-lipat. Asalkan syarat dan proses breeding dilakukan sebagimana mestinya, kemungkinan tidak akan ada masalah berarti dalam proses breeding.


        Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai cara berternak Linebreed ayam aduan. Hasil dari line breeding sendiri sampai keturunan selanjutnya bisa digunakan untuk cara breeding selanjutnya, yaitu cross breed. Cara breeding tersebut akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Demikian semoga bermanfaat dan dapat membantu anda menjalankan bisnis ternak ayam aduan.

2 komentar:

  1. jadwal sabung ayam s128 setiap hari
    Raih Jutaan Rupiah Bersama Kami...
    Langsung Saja Kunjungi Kami www.bolavita.ltd
    Untuk Info, Bisa Hubungi :
    WA: +628122222995

    BalasHapus
  2. Permainan Slot Terbaik Dengan RTP Tertinggi Saat ini...
    Winning303 Menjadi Best Slot Agent Saat ini...
    Menawarkan Ratusan Permainan Slots Terbaiknya...
    -Pragmatic Play
    -Game Play
    -Microgaming
    -Spadegaming
    -De Macao Slot
    -Playtech
    -Top Trend Gaming
    -Habanero
    -Joker Gaming

    Pengalamanan Seru Akan Anda Dapatkan Disini...

    Segera Bergabung Dengan Kami...Dapatkan Bonus Rollingan Setiap Hari....

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus