Kamis, 29 Juni 2017

IN BREED AYAM ADUAN

          Salah satu teknik berternak yang sering dilakukan oleh peternak ayam aduan adalah inbreed. Pengertian inbreed atau dikenal juga dengan inbreeding adalah sistem peternakan dengan cara mengawinkan anakan dari pejantan dan betina yang sama. Artinya ini adalah perkawinan sedarah. Dalam bahasa lebih sederhana adalah seekor ayam dikawinkan dengan lainnya yang berasal dari satu babon dan jago. Cara ini bisa dikatakan cukup mudah karena tidak memerlukan waktu lama dan tidak sulit untuk pula untuk mengidantifikasi kedua ayam yang akan dikawinkan karena memang dari indukan yang sama.
         Anak hasil dari sistem breeding ini disebut juga inbred. Biasanya teknik berternak ini bukanlah untuk menciptakan ayam petarung atau fighter. Karena hampir pasti keturunan hasil inbreeding memiliki beberapa kelemahan. Beberapa diantaranya adalah daya tahan tubuh lemah (rentan terkena penyakit) dan fisiknya loyo. Biasanya cara ini dilakukan untuk mencetak bibit atau indukan baru yang digunakan untuk tahapan breeding selanjutnya.
       Keunggulan cara ini adalah mencetak anakan yang memiliki sifat atau karakteristik yang sangat mirip dengan induknya. Cara ini dilakukan untuk mempertahankan keunggulan dari sang induk agar tetap menurun  ke generasi selanjutnya atau agar tidak putus generasinya. Misalnya anda memiliki ayam jawara atau babon yang bagus dikawinkan sehingga melahirkan anakan yang beragam. Anak-anak tersebut masih memiliki sifat unggul dari induknya. Jika dikawinkan maka diharapkan sifat unggul tersebut tetap bisa dipertahankan.
          Sebenarnya peternakan cara ini mengandung resiko cukup tinggi. Dalam ilmu biologi, perkawinan sedarah atau satu saudara beresiko menghasilkan anak cacat. Karena beberapa kesamaan gen yang tidak mungkin bersatu dan oleh satu dan lain sebab, keturunan yang dihasilkan beresiko terkena cacat. Hal ini juga terjadi misalnya di manusia. Tapi, sekali lagi, tidak semua akan menghasilkan anakan yang cacat. Kalaupun demikian, seperti yang disebut di atas, toh anakan hasil inbreeding tidak dijadikan ayam petarung.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu inbreeding dan inbred. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda pecinta dan sekaligus peternak ayam aduan.

1 komentar:

  1. Keunggulan cara ini adalah mencetak anakan yang memiliki sifat atau karakteristik yang sangat mirip dengan induknya.

    http://www.hj128.vip/

    BalasHapus