Senin, 17 April 2017

KATURANGGAN AYAM PETARUNG BANGKOK

          Dalam memilih ayam aduan, orang sering memperhatikan aspek katuranggan. Setiap ayam memiliki katuranggan sendiri baik itu jelek maupun yang bagus. Katuranggan adalah sesuatu yang dimiliki oleh ayam yang merupakan ciri khusus ayam tersebut. Berdasarkan katuranggan tersebut, seekor ayam bisa diprediksi apakah bisa menjadi ayam jawara ataupun tidak. Katuranggan juga bisa dikaitkan dengan pimbon yang sering digunakan oleh orang jaman dulu untuk menilai seekor ayam berkualitas atau tidak.

         Ada macam-macam cara untuk mengetahui katuranggan ayam. Bisa dilihat dari sisik kakinya dan ciri fisik lainnya. Contoh katuranggan ayam berdasarkan sisik kaki misalnya sisik batu karang, sisik naga temurun, sisik ubed, jalu cantel, dan lain sebagainya. Katuranggan sisik batu karang adalah ayam yang ujung jarinya tampak terbelah. Ayam dengan katuranggan ini dapat membuat buta lawannya.

           Lain lagi denga sisik naga temurun. Ia disebut naga temurun karena pada gares (tulang kering) bagian belakang, sisiknya menghadap ke bawah. Semantara sisik ubed adalah sisik yang terlihat melingkar di pergelangan kaki ayam. Pukulan ayam yang memiliki katuranggan ini dipercaya bisa membuat lawan sempoyongan. Jalu cantel adalah ayam yang jalu atau tajinya menghadap / melengkung ke atas. Ayam dengan ciri ini bisa membuat lawan kabur bahkan sebelum pertandingan selesai.

        Ada juga katuranggan ayam yang dilihat dari penampilan fisik ayam, seperti Gagak Limang, Geger Karang, Kinantan Putih, Songgo Bumi, Birma Kuda dan lain sebagainya. Ayam gagak limang dilihat dari katuranggannya adalah ayam jawara. Ia memiliki bulu berwarna hitam mengkilap. Sementara bulu di bagian sayapnya tumbuh ganda yang membentuk silang agak mirip gunting. Tampilan ini membuat nyali lawan mengkerut sebelum bertanding.


         Ayam Kinantan Putih adalah sebutan untuk yang memiliki warna putih bersih dan tembus, dari paruh, mata, dan kaki ayam. Ayam ini tidak hanya unggul sebagai ayam aduan tapi sering juga digunakan sebagai tolak bala dan sihir ilmu hitam. Katuranggan memang ilmu yang tak kasat mata. Tapi banyak pecinta ayam aduan yang sangat percaya bahwa katuranggan ayam sangat berpengaruh terhadap kemampuan ayam aduan.

2 komentar:

  1. Bersama Kami situs sabung ayam Terpercaya Indonesia
    Taruhan S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
    Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    BalasHapus